Jumat, 06 Februari 2009

Yu Darmi

Kemarin pas aku melaju malam dari ciawi ke cipanas, di setiap jengkal tampak, lelaki dengan pakaian khas. Topi gunung, sweater kumal dan yang pasti senter berkedip-kedip. Mereka menawarkan villa. Ya villa... buat siapa pun yang ingin melabuhkan badannya. Bukan hanya untuk PSK tentunya... yang mungkin diminta untuk mendekap dan merapatkan badan ke mereka yang butuh kehangatan. Tapi juga untuk PSS... hahaha... perkeja Seks Sosial... ini karena nggak dibayar.. ya karena suka dan suka, ingin dan ingin

Dan di seberang yang lain, beberapa perempuan dengan baju yang pastinya membuat dekapan dingin makin terasa. Tanktop tipis dan sejumput celana pendek. Tangan mereka asik bermain HP. Bukan masalah lokalisasi atau prostitusi yang ingin diperdebatkan. Aku hanya kagum... Kagum dalam tanda kutip. Betapa mereka merentang jiwa dalam ketidakpastian. Yo kalo ketemu yang asik dan tajir... lha kalo ketemunya yang sadis? yang jahat?? wah..

Dan tiba-tiba teringat masa lalu. yang tentu saja bukan masa laluku. aku hanya membayangkan ketika belum ada HP, bagaimana mereka bertransaksi? mungkin harus menyusur jalan yang lebih gelap. seperti film-film roman picisan Indonesia. Yang menggambarkan perempuan muda menyusur pematang, menjemput impian. impian yang berubah jadi bencana pada titik tertentu

Dan tiba-tiba teringat pada Yu Darmi, yang tetap setia pada payungnya, yang tetap setia pada bedak dan gincunya, yang tetap setia pada profesinya. Mungkin buat teman-teman yang bukan jogja bingung. siapa Yu darmi itu. Yu darmi adalah ikon perempuan malam jogja... paling tidak pada jamanku. Dia setia menunggu di depan BULOG. sate bulog. Dia tidak lagi muda... bahkan gendut dan kulitnya mulai mengkerut. Dia selalu mengembangkan payung, untuk menaungi badannya. entah menyembunyikan apa, yang pasti bukan matahari, karena ini malam hari..
Suatu yang ironis... dan sampai sekarang disikapi oleh sebagian orang secara ironis pula.
ah.... kamu dimana Yu darmi...dan sampai kapan lahir yu darmi-yu darmi baru karena beban hidup??...

9 komentar:

Sekar Lawu mengatakan...

mmm...yu darmi sudah nggak ada, tapi dia sudah reinkarnasi, namanya ganti sisil...kalau gak percaya tanyakan pada Mas arif, mungkin dia kenal...Sisil ini kekasih gelapnya bos rudi...pasti mas arif kenal...qiqiqi

Anonim mengatakan...

yu darmi sama mbok darmi yg sering disebut2 org apakah sama artinya ?

Miss G mengatakan...

Kasihan mmg PSK-PSK itu (jgn sampe kesrimpet jadi PKS, wakakakaka... bisa2 saya didemo, wekekee) mereka banyak kali dicaci tapi tetap ramai dikunjungi, sebetulnya akar permasalahannya itu apa ya mbak, soalnya ini kan 'profesi' paling tua di dunia (konon).

Anonim mengatakan...

ada permintaan ada penawaran

ika rahutami mengatakan...

@sekarlawu: halah... siapa mbak ini?
@stainly: iya, sama mbok dan yu. ini icon psk era 80-90an. anak jogja pasti ngerti dia

Anonim mengatakan...

Betapa mereka merentang jiwa dalam ketidakpastian. Yo kalo ketemu yang asik dan tajir... lha kalo ketemunya yang sadis? yang jahat?? wah..

sdh resiko kali yah,mbak.hehe..
mereka juga butuh makan.

Anonim mengatakan...

ikut baca setelah ter-direct dari kaskus...

salam kenal mbak :)

Khalila mengatakan...

terimakasih atas informasi menariknya gan.. Jangan lupa berkunjung ke blog obat herbal kami dibawah ini yah..!!

obat herbal penyakit sipilis
apa itu sipilis
obat alternatif sipilis
obat tradisional untuk sipilis

Unknown mengatakan...

Yu Darmi.....the legend of Puskesmas (pusat kesenangan mas-mas) mahasiswa "kere", pelarian batin dari stress menghadapi berbagai tugas kuliah. rak njih ngaten to bude??