Jumat, 13 Juni 2008

pesta demokrasi ala unika

setelah menolak, dan melalui perenungan panjang, akhirnya rabu kemarin aku memiliki "kesadaran yang terlambat" untuk bersedia maju dalam paparan program calon dekan FE unika....


hmmmmmmm................
sesuatu yang tidak mudah bagiku, karena itungan cost benefitnya agak njelimet. tapi ketika pada tahap awal sebagian suara masuk ke aku, mau tidak mau aku harus maju.... (aku teringat ketika chat ama biji, dia cuman ngekek ngekek sambil teriak: ika mau jadi dekan... ika mau jadi dekan)

tapi kalo dah gini, mau tidak mau aku ga mau (hahah bingung kan) harus menunjukkan kualitasku, meski aku tidak berambisi jadi dekan.

dan lagi-lagi aku tetep jadi yang paling nyleneh diantara kandidat yang lain.
kalo kandidat yang lain mengusung action plan yang rinci setiap tahun, dengan judul yang mmm... ilmiah dan hebat (seperti: menuju FE yang berdaya saing, dan smthing like that), aku memberi judul presentasiku : Jazz Ika (sebuah pemikiran kecil untuk FE)
sebagian melihat, ooo karena mobilnya Ika Jazz, hahaha
dan anehnya lagi aku bukan bicara action plan, aku lebih bicara hal2 yang agak2 filosofis tentang membangun sinergi.
karena bagiku ketika terjadi konflik maka 1+1=-1, ketika kita defensif maka 1+1=0.5, ketika kita kompromi maka 1+1=1.5, namun ketika kita bersinergi, maka 1+1=bisa 5 bisa 7 dll. jadi tidak hanya sekedar akumulasi individual.



dan aku menutupnya dengan kata-kata:
aku tidak membayangkan akan membuat FE ini menjadi orkestra besar yang pakem, yang membaca not dengan rapi, presisi tinggi dan steril. aku hanya membayangkan kita akan menjadi sebuah music jazz, yang masing-masing orang bebas berimprovisasi, namun tetep dalam harmoni. bila anda memiliki kegelisahan yang sama, ayo kita bersinergi, dan ....
(btw aku harus berterimakasih pada seseorang, yang memberi sentuhan akhir pada pemikiranku dengan pemikirannya yang dahsyat. love u man!!. jadi ngajak jalan? ya ayoooo... pasti akan jadi 'jalan' yang asik dengan obrolan2 dahsyat. Mmmm... aku tunggu ya..aku yang traktir, sebagai ucapan terimakasih)

dan akhirnya.... aku kalah... horeee.... (pak Lako yang akan jadi dekan kami). aku ada di urutan kedua.
kok horeee...????? lha memang tidak berambisi ke sana soalnya.
beberapa teman yang mengamati melihat adanya 2 fenomena. teman2 pemilih, lebih suka dengan gagasan dengan action plan jelas daripada yang filosofis, dan ada yang bilang, bila pool nama jatuh ke aku akan sulit. karena toh yang menentukan rektorat dan yayasan. dan bagi mereka aku adl dosen kontroversial yang agak penjahat dan masuk garis keras.. hehehe

Malam harinya aku merayakan 'kemenangan' (karena berarti masih bisa nulis blog terus, masih bisa jalan ke daerah untuk meneliti (ayokkkkk siapa yang mau kasih aku job riset atau ada yang berminat kolaborasi... aku handal lo...aku lagi berminat masuk ke desa-desa nih, daerah2 terpencil)., masih bisa nulis jurnal.... dan ini semua Ika banget lagi, dibandingkan mengerjakan tugas manajerial) dengan segelas sparkling, 3 udang galah bakar, dan separo bawal bakar ...

mmmm indahnya demokrasi dan nikmatnya tidak terbelenggu

9 komentar:

kabarihari mengatakan...

wew hebat, barani maju nyalonin diri jadi pejabat :D
Meski kalah tapi sebuah keberanian layak dihargai mbak.

--ambar-- mengatakan...

mosok sampeyan penjahat mbak ika, ora ha...

paromo suko mengatakan...

sebuah hore yang berderajat hero

beginilah yang aku pengen dengar dan baca dari para kandidat pilkada yang tidak terpilih

tetap semangat, mbak!
let's music play on!

iman brotoseno mengatakan...

wah kenapa nggak ngundang saya jauh jauh hari untuk mengcampaign jenengan..he he

retnanda mengatakan...

lah..
coba kalau berhasil jadi dekan...
kan bisa bilang.. dekan pertama yang suka nge-blog.
hhehehe

amethys mengatakan...

klo suatu saat nanti Ika mau jalan2....boleh ikut dunk?
makan lobster yuk di pantai Baron??

fajrin mengatakan...

halo bu Ika...wah filosofinya boleh juga tuh Jazzika..keren. Emang betul..untungnya gak kepilih..he3 jadi bisa sering2 ngeblog dan nulis...kapan2 ikutan lagi nulis di lomba BI ya. Biar bisa foto2 lagi..he3

ika rahutami mengatakan...

@hari.... hahahah, ini mah paksaan keadaan bos.
@ambar.... emang tampangku kurang preman ya. aku kan wajah preman hati betaria sonata Mbar...
@paromosuko.. hore hore lebih asik...
@mas iman.. itulah kesalahan utamaku, tidak ngundang mas

ika rahutami mengatakan...

@ret.. ternyata ngeblog adalah hal yang aneg bukan konstruksi kerjaan yang serius. pas aku di wawancara suara merdeka. profilku ditampilin dengan judul, Doktor yang ngeblog. halahhhh wagu to??
@wieda.... hayuuukkkk. kabarin aku
@fadjrin... ehhh miss u... kapan kumpul nulis lagi??