Rabu, 08 Agustus 2007

sasirangan, batik bali, papua dan kain kapal

batik tidak saja didominasi di pulau Jawa lo ternyata
ya memang tidak semua daerah menyebut kain heritage tadi sebagai batik
tapi  kalo diamati dari kompas minggu kemarin,
banyak batik luar jawa bermunculan karena beberapa dari mereka belajar dari pembatik jawa (seperti yang baru dikembangkan di sulawesi tenggara, ternyata mereka belajar di kampung batik solo)

nah... aku ingin bercerita batik luar jawaku nih




warna orange cerah ini adalah batik papua,
aku mendapatkannya gratis... wahhhh... sebetulnya sih nitip ke mbak nani,
tapi ternyata sampai sekarang tidak tertagih... jadinya ya itu gratisss..
batik ini cantik dan cerah... aku membayangkan batik ini di kulit teman2 Papua, pasti nice banget.  
Gambarnya juga lucu.
Khas Papua yang dominan adalah patungnya.
Batik orange ini diprada emas...
yang membedakan, batik papua ini lugas menurutku. tidak banyak ornamen, seperti cecek di Jawa



kemudian yang berikutnya ini Batik Bali...
aku sangat suka warnanya, perpaduan biru dan hitam. bagus banget. dan ini adalah warna alam. batik ini memang kontemporer
tapi karena mungkin dibuat di Bali, maka cita rasanya Bali banget.
kain khas bali lainnya yang apik, adalah geringsing. aku membelinya waktu ke Warung Murni Ubud. aku sengaja memilih yang berdasar hitam, dengan tenun kuning emas. motifnya aneh,
agak ke arab-araban, dan sudah jarang dibuat.




sasirangan lain lagi... ini khas Banjarmasin. tidak dapat dikatakan batik sih... tapi kalo kita amati coraknya, maka ini khas kalimantan. ada detil-detil kecil yang membuatnya indah..
dan kain ini menjadi indah karena perjuangan mendapatkannya mengingatkanku tentang kekalahan tender riset di BI banjarmasin. Wuuuaaahh kalah just dalam 1 digit juta. ngenes banget...



dan yang terakhir adalah kain kapal
ini baru aku punya 1 hari lalu. from Tiar's hubby..
kain kapal adalah batik khas lampung.
Motifnya aku sangat suka. Motif ini disebut
Gajah, Siger (mahkota) dan Jung (kapal). eksotis banget.
dan yang lebih eksotis, kain ini didapat oleh Mas Catur, dengan perjalanan jauh ke gunung yang ga ada sinyal,,
dan mengorbankan jalan-jalan dengan rombongan demi sebuah batik tulis.
Blessed u both...



22 komentar:

Wazeen mengatakan...

Hi boleh juga tuh artikel tentang batiknya, oke deh salam kenal dan selamat berkarya aja...

rgds,
Wazeen

ika rahutami mengatakan...

hai wazeen... salam kenal juga..
tx udah nengok2 blogku
aku baru mau coba liat blogmu nih
buanyak banget sihhh blogmu zeen

Ken mengatakan...

Wah, kok gak maen ke Kebun Raya niy?? kan dkt dr Malang

ika rahutami mengatakan...

kebun raya mana Ken???
itu ya, prigen? ya dolanlah..kan nengok sodara..
eh.. aku barusan tengok blogmu.. mmmm asik juga. puisinya indah. aku link ya..
btw.. sebetulnya komunikasi kecil ini asik lewat yang apa itu kayak shout.. tapi aku ga tau caranya bikin
how poor i am....

moony_ mengatakan...

wah mba ika pengamat batik juga tho? :) kapan main ke pekalongan ni....?

Anonim mengatakan...

hehehe...bole juga, artikelnya menarik banget, aq pingin ngomong banyak tentang atikel kamu tapi gimana . . .. . . ya...

oow ya, klau bisa lewat YM aja ya ni idqu (tcom_28/rcom_28) salam kenal ya buat kamunya

wrtd,
papua_jayapura

ika rahutami mengatakan...

@moony... makasih udah dolan ke tempatku.. iya aku penggemar batik. tapi belum segila temenku (tepatnya uangnya belum sebanyak dia, jadi ga bisa beli banyak hahaha..) temenku udah punya koleksi lebh dari 100 batik..aku paling cuman 40an..kapan ya main ke pekalongan.. pingin sih..btw.. gmn aku bisa kontak kamu

ika rahutami mengatakan...

@anonim jayapura... obrolin batikmu.. salam kenal juga

ami_chiinaga mengatakan...

allo kmu pengamat batik ya''
klo bsa kmu jg
bwat batk dr
sluruh Indonesia dnx....

beachboy mengatakan...

Hai,saya tertarik dengan batik Bali.Mohon infonya tentang pengrajin dan penjual batik tulis di Bali.Saya sungguh berminat membelinya.Thk's ya

beachboy mengatakan...

Halo,tolong kasi tau dong dimana alamat pengrajin dan penjual batik tulis di Bali.Saya mau beli kalo lagi mampir ke Bali

Presiden Prabowo mengatakan...

Teruskan semangatmu nak!

batik bali mengatakan...

Nice to see your collection..
Hi.. from Bali.
please visit my blog to find your choices ..
http://batikbali.blogspot.com
Ciaoo

paul widhi

Chandra Malini mengatakan...

timikaunique.blogspot.com...Selling papua's handicraft and batik. Visit our website for more information about the product.

DJie mengatakan...

Hay friends... salam knl ya// ..perknlkan saya Djie marketing mesin sublin, di sene saya , cuman mao menginformasikan bahwa ada loh./ TEknologi terbaru di Dunia kain.. Coba de liat 2 di primeliteindonesia.com mesin Digital printing ke media kain.. bagus buat kerajinan baru di media kain.. So kpn lg kita bisa bikin market sendiri,kalo tidak di mulai dari sekarang....

Batik Papua mengatakan...

beneran bagus loh batik papua... mbak klo minat ama batik papua, gw bisa sediain kok, kebeneran gw lagi di merauke papua... klo mau buka aja link ini... http://www.kaskus.us/showthread.php?p=168365886&posted=1#post168365886
Lagi buat blog, tapi masih dalam proses, belom selesai...
thanks yah dah boleh comment....

Obat Herpes mengatakan...

terimakasih infonya ya.....

Obat Herpes
Obat Herpes De Nature
Cara Mengobati Herpes
Tanda gejala herpes dan Obat Herpes
Cara mengobati gatal pada selangkangan
Obat gatal pada selangkangan
Cara mengobati penyakit Herpes
Pengobatan Herpes secara alami
Obat Herpes alami
Cara mengobati herpes atau cacar
cara mengatasi penyakit herpes
Penyakit Herpes dan cara mengobatinya
Obat Herpes
Cara Mengobati Gatal Pada selangkangan karena herpes
Obat gatal pada selangkangan karena herpes
Cara mangobati penyakit Herpes
Pengobatan Herpes secara alami
Obat Herpes Alami
Cara mengatasi herpes atau cacar
Cara mengatasi penyakit Herpes
Penyakit Herpes dan cara mengobatinya
Obat Herpes kelamin
Obat Herpes De Nature
Cara Mengobati Herpes
Tanda gejala herpes dan Obat Herpes
Cara mengobati gatal pada selangkangan
Obat gatal pada selangkangan
Cara mengobati penyakit Herpes
Pengobatan Herpes secara alami
Obat Herpes alami
Cara mengobati herpes atau cacar
cara mengatasi penyakit herpes
Penyakit Herpes dan cara mengobatinya

Obat Sipilis mengatakan...

thanks......


www.ObatSipilis.com
Obat Sipilis alami
Obat Sipilis diapotek
Obat Sipilis paling mujarab
Obat penyakit Sipilis
Obat sakit Sipilis
Obat Sipilis
Obat herbal Sipilis alami
Obat infeksi Sipilis
Obat sipilis untuk pria
Cara mengobati sipilis
Obat sipilis paling ampuh
Obat sipilis paling manjur
Obat sipilis Resep dokter
Pengobatan penyakit sipilis
Kenapa sakit kencing perih?
Obat sipilis pria wanita
Obat sipilis wanita
Obat sipilis menahun
Obat gejala sipilis pria wanita

De Nature mengatakan...

terimakasih atas informasi menariknya gan.. Jangan lupa berkunjung ke blog obat herbal kami dibawah ini yah..!!

obat herbal penyakit sipilis
apa itu sipilis
obat alternatif sipilis
obat tradisional untuk sipilis

teguh lan mengatakan...

Salem kenal gan, artikelnya ok, semoga bermanfaat, jangan lupa juga kunjungi situs kami tentang obat sipilis pada wanita herbal. Yang membahas tentang ciri ciri sipilis pada wanita dan cara mengobati sipilis pada wanita lengkap dengan obat alternatifnya yang telah berlisensi BPOM dan DINKES RI

Motif Batik Bekasi mengatakan...

Ayo kita kembangkan BATIK PAPUA, BATIK BEKASI dan jaga kelestarian RAJA AMPAT

Batik Papua-Batik Bekasi-Jaga Kelestarian Raja Ampat

Pencipta Ide Awal Motif Batik Bekasi

Dwi Sulistiyani mengatakan...

Thanks for sharing.. Mencari perlengkapan membatik berkualitas dengan harga murah. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya. Regards : Fitinline..