Kamis, 02 Agustus 2007

Pakai batik…. Siapa takut???



Pas minggu lalu aku jalan-jalan ke Solo
Memang sengaja jalan-jalan sih tepatnya
Karena ada konferensi batik dan pameran batik di Solo
(aku sedang belajar mencintai kain tradisional. Baik itu batik maupun tenun. Koleksiku belum banyak baru sekitar 30an lembar. Tapi ketika menggelar mereka dan memandangi corak, cecek, ukel, goresan, atiku merasa senang, dan selalu kagum. Foto-foto ini sebagian dari kain yang aku punya)

Uiiiiihhhhhh
Aku takjub melihat begitu banyak orang pakai batik
Jangan salah lhoooo
Mereka sama sekali tidak tampil kuno
Sama sekali tidak
Malahan menurutku kalo bisa dikategorikan, penampilan mereka itu sexy dan etnik
Apikkkkk banget
Mereka mengikatkan berbagai kain batik, mulai dari yang pesisiran hingga pedalaman, sederhana aja, ya hanya disuwelkan aja begitu, tanpa diwiru yang aneh-aneh
Dan atasannya beragam, ada yang memakai kaus hitam ketat. Ini asik banget, siluet tubuh terlihat jelas, namun tidak vulgar
Ada yang memakai kebaya encim modifikasi..
Dan semakin etnik ketika mereka memakai kalung dan gelang etnik

Aku jadi mikir, kenapa kita lebih banyak ke pesta dengan tube dress, dengan backless? Kenapa kita tidak coba memakai batik. Kan ga harus kuno, kan batik bisa dijahit jadi tube dress juga
Kenapa kita harus care??
Lha kalo menurutku sih, kita nih selalu telat
kita baru bingung ketika batik udah diklaim Malaysia sebagai heritage mereka
padahal motif batik Indonesia tuh kaya banget.
So…. Apakah kita mau mendiamkan batik yang begitu kaya akan filosofi tadi punah tergilas oleh ketelatan kita sendiri???
Kalo begitu…. Cintai batik dong…


3 komentar:

Judith mengatakan...

Hidup batik!!! Mbak..aku jadi pengen beli batik lagi nih..tapi nyari yg seperti mbak bilang..batik sidoarjo..hehe

ika rahutami mengatakan...

neng, serius pingin batik??
aku udah sengaja beli buat kamu nih
tinggal pilih
mau yang lasem
atau yang kembaran ama hubby, tapi yang kembaran ini motifnya lucu, patung n binatang gitu. ini kontemporer sih.
pilih ya
ntar tak kirim ke rumah

Lidya Roesly Hutagaol mengatakan...

hi mbak,
baru 'nemu' blognya mbak. keren banget!

koleksi batiknya juga gak kalah keren.
senang bisa bertemu sesama pecinta etnik :-)

salam,
Lidya