Kamis, 02 Agustus 2007

Batik pesisir… eksotisme pinggir pantai

Wong batik kok merah sih???
Lho emang batik ada yang bergambar burung???


Lha iyallllaaahhhhh, jawabku
Batik tuh ga cuman Jogja Solo, yang cenderung berwarna sogan
Batik jogja dan solo pun berbeda lho. Jogja jauh lebih putih dan Solo jauh lebih gelap
Kalo menurutku Jogja jauh lebih “gagah” coraknya, sedang Solo lebih “feminin”
(tapi jangan salah lo, di jogja pun masih beragam, motif batik imogiri, berbeda dengan Jogja, berbeda pula dengan Batik Kulonprogo di Temon)

Oke…
Sekarang bicara batik pesisir
Batik pesisir tuh jauh lebih eksotis menurutku
Mungkin karena mereka masyarakat pantai, yang jauh lebih terbukua, sehingga berani mengekspresikan apa yang mereka rasa dengan spontan


Lihat batik Lasem ini…
Batik Lasem ini kubeli di Lasem Jawa tengah
Warna merahnya matang banget…, dan konon kalo batik ini dicelup di kota lain, warnanya akan berbeda. Karena air lasem tidak terdapat di kota lain
Batik merah ini bercorak bunga dan daun, atau biasa disebut dengan sekar jagad, dengan cecek yang sangat rapat dan kecil-kecil bayangkanlah berapa lama dibuatnya


Sedang lasem yang satunya ini berbentuk daun pakis. Sulurnya terlihat jelas dengan warna orange yang solid, dan dasar coklat yang sangat coklat.. bagus banget

Beda lagi dengan batik Juwana
Kota ini juga masih di Jawa tengah, kota bandeng (ingat kan dengan bandeng presto Juwana)
Di Juwana cuman ada satu pembatik, itu pun sudah sangat tua. Dia tinggal di desa Bakaran
Perhatikan corak batik Juwana yang aku punya, warnanya coklat (bahkan ada yang sangat hitam), motifnya modifikasi dari burung Hong.
Hampir semua batik pesisir memasukkan unsur bunga dan burung Hong ke dalam batiknya. Ini pengaruh corak Cina yang masuk ke pesisir jawa.


Emmmm…
Walaupun jauh Kraton (ini komen kebanyakan orang yang masih bangga dengan darah birunya… ga bisa donor dong), ternyata batik-batik pesisir itu menyimpan eksotismenya sendiri

3 komentar:

Judith mengatakan...

cckk..cckk..cckkk...mbaaak...aku ngiri dengan pengetahuanmu ttg batik....jadi ngiler nih mbak....

About Me mengatakan...

mbak,
boleh bagi2 ilmu g

teguh lan mengatakan...

Salem kenal gan, artikelnya ok, semoga bermanfaat, jangan lupa juga kunjungi situs kami tentang obat sipilis pada wanita herbal. Yang membahas tentang ciri ciri sipilis pada wanita dan cara mengobati sipilis pada wanita lengkap dengan obat alternatifnya yang telah berlisensi BPOM dan DINKES RI