Senin, 19 Januari 2009

Seoul #2 day - takjub

Rabu.... hari kedua di Seoul
bangun pagi jam 6, rasanya segar untuk bekerja hari ini.. setelah memakai baju anget, aku keluar ke family mart, mini market dekat hotel untuk cari onigiri (aduh aku lupa rice ball ini dalam bahas korea apa ya?). Dan seperti biasa, narsis tetep jalan dong... hahaha.

Setelah makan (harganya sekitar 700 won) maka siap-siaplah untuk pergi wawancara hari ini. Karena medan masih tidak jelas, hari ini diputuskan buat naik taksi aja.
Tujuan pertama adalah KOTRA, ini kayak BKPMnya Indonesia, tapi menurutku dikelola dengan lebih OK, karena mereka pro investor banget dan memiliki service yang top markotop. mungkin Kotra adalah salah satu best practice di dunia. Karena kepagian maka diputuskan untuk ngopi dulu di bawah.. mmm ada bunga cantik di sudut ruang.....

Di KOTRA kami bertemu dengan 2 orang yang mengurus FDI inward dan FDI outward. Untung bahasa inggris mereka lancar, jadi komunikasi lebih mudah dilakukan.
selesai Kotra jam 12 siang. saatnya makan siang dong... maka menyeberanglah aku, dan masih takjub menemukan sudut-sudut sederhana namun tertata artistik dan indah.

Berjalanlah menuju HANARO MART, ini agriculture super market yang besar di Seoul... mmmmm semangat buat maem nih. tapi...... GUBRAAAAKKKKKKK%$$^&*(&^^%$... nggak ada english version blas. semua tulisan korea. dan nggak ada gambar... dari beberapa konter, masing-masing hanya memuat dua gambar... dan ternyata mereka baik pelayan sampai ke kasir tidak ada yang bisa bahasa inggris.
maka dengan pengetahuan yang terbatas, aku ingat-ingat, o ya bimbimbap ini kayaknya asik buat menu makan siang. Nasi diatasnya ditaburi dengan potongan nori, telur setengah matang, taoge, dan beberapa sayuran lain... mmmmm nikmat. rasanya gurih, dipadu dengan saus agak pedas di bawahnya. kimchi??? pastilah ada.

setelah makan siang, menyeberang lagi. Tujuan kali ini adalah KIEP, ini lembaga riset milik pemerintah yang menangani investasi dan trade. Directornya sangat asik diajak diskus, sehingga mata yang setengah theklak thekluk ini akhirnya sanggup menyelesaikan wawancara dengan baik.

sooooo...... its time to go.... kemana jalan2 tentu. Kemarin, aku udah janjian dengan Choi pemandu kami, bahwa besok aku akan ambil night tour. Dan ternyata my boss dan 2 temenku berminat untuk gabung.
sore dingin itu (sekarang minusnya menjadi -10an) kami masuk bis, yang hehehe hanya berisi kami berempat, sambil bawa maeman tentu, menunju N SEOUL TOWER. Jalanan menanjak ke 496 meter di atas permukaan laut. Gemerlap lampu tower begitu dramatis dan romantis. malam berkabut, hawa lembab menciumi ujung-ujung kukuku lembut. ahhhh.... andai kamu ada di sana...


N Seoul Tower, tidaklah setinggi shanghai tower. 236 meter tingginya. Mbak Murti kayak tentara kalah perang karena, ngos-ngosan akibat boots highheels yang dikenakannya. hehehhee...... kasian kamu mbak, sakit kakimu sedalam rindu hatimukah???
kerlip lampu di kota terlihat berpendar-pendar. Han river yang meliuk, bak naga membelah kota, penuh benderang... cantik nan lembut. di sudut tower ada papan yang berisi kertas2 untuk make a wish pada tahun baru lunar, atau imlek. aku menulisnya, tidak dalam bahasa korea tentu... sambil berbisik pada choi " what's ur wish? get married?", choi tersenyum, "n you?" aku bilang, " i want to fullfill my life with love..." choi berteriak kecil, "wowww...."

pulang dari N seoul tower, mampirlah ke Myeongdong, pusat perbelanjaan, namun selera belanjaku udah turun. Romantisme lampu dan embun lebih banyak menyelimuti hatiku.
Dari Myeongdong, segera meluncur ke Cheonggye Stream. dan kembali, perasaan takjub, membuat aku berulang kali berdecak. Sungai kecil, yang dulunya kumuh (persis ciliwung) menjadi tertata begitu indah...

Jalan disekitarnya diperkeras.. Ranting gloden bells mengering, menyisakan imajinasi bunga kuning yang bermekaran bila spring... beberapa air di sungai mengeras menjadi es.... ditimpa pendar sinar lampu-lampu kecil... mmmmm so beautiful....Beberapa digital stream menari-menari diiringi lagu klasik yang lembut... Ada yang mau berdansa denganku???

Kami bertiga berjalan pelan, aku, choi dan laksmi (maklum, my boss dan murti tidak cukup kuat kalo harus jalan kaki dalam kebekuan begini)... uhhhh ingat edward cullen... ahhahaa mencari rengkuhannya yang dingin, pasti tidak akan terasa lebih dingin dibanding malam ini....
Takjub dan indah....

4 komentar:

JudithNatalia mengatakan...

Wahhh kayaknya aura romantisme menyelimuti mbak Ika nih di Seoul hehe...mbak,gambar makanannya lagi mbak...munculin,lumayan buat lidahku melet2 hihihihi...

JelajahiDuniaEly mengatakan...

hanyonghaseyo ^_^

jalan-jalan terus Ka ... asyik banget

Diana Indah mengatakan...

Muantebb nih, jalan sambil kerja. Dapet duitnya, dapet asiknya ya hehe.
Huhuhu, miss Edward Cullen tooo

resibismo mengatakan...

ana caranya jala2 terus...