Minggu, 18 Januari 2009

Seoul 1# day - disambut dingin

I'm back.....
Wooowww... ribet banget persiapan kali ini. Bukan persiapan materi, tapi persiapan kostum. Lha gimana tidak ketika membuka BBC maupun info weather yang lain, aku tahu bahwa suhu Seoul berkisar antar -11 sampai -1. Gubrakkkkkk... lha tank topku nggak laku dong....
setelah ribet beberapa hal beberapa hari ini Selasa tanggal 13 kemarin aku dan 2 teman dan 1 my boss, pergi ke Seoul, untuk wawancara beberapa orang, buat kelengkapan riset kami. Jam 14.25 terbanglah kami ke Jakarta. setelah pindah terminal, maka jam 19.15 SQ menerbangkanku ke Singapore. Mmmm... menikmati malam di udara di atas Sin, langsung memberi semangat untuk cepat2 melihat Seoul besok.

Uhuuuuiiii.... akhirnya setelah transit beberapa saat, jam 23.15 SQ kami take off lagi menuju Incheon, Korea. Jam 4 pagi (yang brarti jam 2 WIB) mata masih lier-lier, lampu pesawat udah nyala lagi, breakfast dong.. ada poached egg denagn mushroom, potatoes, sausage, bread, dan segelas green tea.. Semua ini memicu mataku untuk melek dan melek, karena waktu mendarat tinggal 3 jam lagi. So.... saatnya nonton pilem... Night in Rodante pilihanku. Sip mumpung belum nonton..

Tepat jam 7.00 pesawat mendarat... Incheon... I'm coming... bercak salju masih ada di sekitar bandara yang gede ini. Jaket mulai dikenakan, sarung tangan juga, topi disiapin.. pokoknya siap tempur deh. nah... biasa udrek dulu ama temen2, naik bisnya gimana... ticket boothnya mana.. tapi akhirnya dengan dekapan -4 drajat pagi ini kami tetap oke dan asik, untuk memulai kerja dan petualangan di Seoul.

Bis nomer 6006 akhirnya mengantarkanku keluar bandara. Wow... masih ada serpih salju di beberapa pohon meranggas. Aku berdoa kecil (emang ada doa besar kecil?), mudah2an dapat salju besok. Jam 10.15, sampailah di Riviera Hotel... (ketika berangkat dari Jogja, beberapa teman bilang, kamu bukan backpacker Ka... tapi Flashpacker.. karena luxury banget... ya gimana lagi.. kalo dengan Boss kan tidak boleh backpacker... hehehe)

Beberapa hiasan bekas Christmas masih terpasang. Kamar kami tidaklah kecil.. tapi tempat tidurnya mungil banget.....yahhhhh itung2 biar lebih anget.
Mbak murti udah tampak loyo...padahal baru datang. aku terus nanya mereka.. kalian mau tiduran atau jalan? kalo nggak mau ya aku jalan sendiri. Akhirnya laksmi pingin gabung jalan. berhubung dia baru hamil muda, maka aku putuskan untuk ambil paket tour aja... biar tidak terlalu capek. Half day tour seharga 33.000 won. Karena waktu mepet, terpaksalah aku hanya maem Seafood fried rice di resto hotel.

nah di temani oleh Choi, pemandu cantik yang mengingatkanku akan Raras ponakanku di Jakarta, aku memulai siang hari itu untuk jalan seputaran Seoul (maklum ini kerja bu.... bukan dolan, jadi harus efisien). Kunjungan pertama adalah ke Changdeok Palace dan Secret Garden.

Sambil jalan aku menyeruput plum tea ku... enak anget2 gitu... Palace tidak begitu rame. maklum ini low season. Sang pemandu menjelaskan dengan jelas istana ini.

Istana yang didominasi warna ijo, menurutku sih tidak seindah di Forbidden Kingdom yang merah membara. beberapa bangunan cukup unik. misalnya lantainya dibolongin, agar dibawahnya bisa diberi kayu bakar. Ini disebut sebagai Ondoll floor. ada tempat pemeliharaan kuda yang persis istal kuda di kraton jogja.. secara keseluruhan tidak terlalu istimewa menurutku.

dari istana, aku dan beberapa turis hari itu, menyusuri jalan dari batu menuju secret garden. Taman yang pasti sangat indah ketika spring.. sayangnya ini winter.. jadi ya cuma batang2 pohon kering yang tampak. Lotus pond... yang seharusnya cantik pun tidak nampak... ahhhh sedih juga. akhirnya setelah melewati gate yang bisa digunakan untuk make a wish (mau tau make a wish ku apa???? hahahha..... rahasia dong...), kami melakukan monkey climb, karena mendaki bukit berbatu yang cukup terjal. Untung Laksmi kuat... she is a strong and smart woman i think.

nah setelah selesai dengan Palace, maka berikutnya ke Amethyst center... nggak usah cerita ini ahhhhh... habis sangunya nggak cukup buat beli hahaha....
Habis itu ke Insadong Art Galleries... asikkk.... ini asik... toko-toko kecil di kiri kanan jalan, penuh dengan benda2 etnik.. semangat-semangat... belanja pasti lah. Gerbang Insadong, dijaga oleh 2 guardian angel versi korea... aku lupa namanya.. habis angel sih (maksude sulit bukan angel in english tapi in java).. hmmmm bebebrapa oleh2 kecil masuk ke kantong belanjaan..

akhirnya sore ini ditutup dengan ke Namdaemun market... menurutku tidak terlalu asik, kecuali bagi pencinta barang branded palsu atau aneka model baju korea... tapi tetep asik sih... karena sepanjang jalang itu banyak camilan yang bisa dibeli... mulai dari panbok (lupa aku bener apa nggak ya) sampai ke cake fish... nyam..nyammmmm

dan malam ini makan malam kututup dengan semangkuk hangat seaweed soup lengkap dengan kimchi... terus bobokkkkk.... besok pagi harus bangun pagi2 buat kerja dan kerja.... hahahahha...

7 komentar:

-G- mengatakan...

Asyiknya, saya cuma sempat singgah aja di Incheon dan beli2 souvenir (^^p) Nah setelah melihat dan membaca entri ini jadinya lumayanlah sudah jalan2 mata ke Seoul (^_^) tengkyu dan welcome back!

langitjiwa mengatakan...

oleh2 utk aku mana?hahaha
(slmt mbak Ika )

mis muter-muter mengatakan...

Ealaaaahh tak kira menghilang ternyata kabur ke Seoul to ??Oleh2nyaaahh !!*ngantri di belakang langitjiwa

LOMBOK! mengatakan...

di sono 1st 2009 diwarnai dgn dingin brrrrrrrrrrrr....

di sby diwarnai bayi thn baru lahir yatim. bapaknya meninggal waktu si janin masih umur 3 bulan.

aku liputnaitu, sedih bgt mbak .... hiks :(

goenoeng mengatakan...

ooo...jadi baru pulang ta, mbak ?
makanya kok nggak pernah tampak selama beberapa waktu.

habis menikmati hawa seoul, terus balik lagi. krasa kepanasen gak ? :D

selamat menikmati hawa semarang yg juga mendingin belakangan ini.

Diana Indah mengatakan...

kata temen, Kimchi ra enak tho mba ?

Oleh2 kecilnya siap dterima dgn tangan terbuka :))

Aj mengatakan...

Ika... thanks ya sharingnya :)
aku ada tugas ke Korea (Seoul) juga September nanti. Ini bisa jadi bekal yang sangat berguna..
Ada tips tips lain?

BTW, blog-nya aku link ke tempat ku ya ? :)