Jumat, 05 Oktober 2007

gua gong dan gua tabuhan

udah pernah dolan ke daerah pacitan???
ternyata pacitan itu menyimpan berjuta keindahan lo

satu waktu aku sempet berdolan ria kesana.
perjalan sih adoooohhhh tapi ga bosen-bosen banget.
lha pie... sepanjang jalan, pemandangannya lumayan apik je...
kami kebetulan lewat jalur selatan
dari dari pantai ke pantai..
dan di daerah wonogiri itu banyak pantai yang apik juga

ada dua gua yang memang sengaja kami lihat
yang pertama gua tabuhan..
gua ini cukup unik, karena stalaktit dan stalakmitnya
akan berbunyi bila ditabuh...
bunyi masing-masing stalaktit
dan stalakmit berbeda-beda nadanya
(honest.... aku mikir lha kalo dithuthuki terus gitu... bisa-bisa lama-lama patah tuh stalaktit....)
kita harus nanggap grupnya kalo mau mendengar secara utuh.
harganya sekitar 40 ribu
lalu manggunglah mereka
lagu mulai dari sewu kutho (bayangin capeknya nyanyi seribu kota),
sampai ke rondo kempling, gethuk,
dan banyak lagi lagu campur sari diiringi dengan dentang stalakmit denting stalakmit

kunjungan berikutnya adalah gua gong
gua ini dahsyat banget...
konon dia memiliki stalaktit dan stalakmik yang paling indah di ASEAN.
warnanya putih banget
(pada awalnya, tapi sekarang udah mulai agak kuning, karena oksidasi mungkin... lha bayangin berjubel manusia masuk ke gua pasti co2 nya berpengaruh banget)
bagai kristal
gua ini harus turun ke bawah cukup banyak tangga
tapi ga rugi
karena memang apik banget.
anek bentuk stal ada disana.
ada yang berbentuk bagai tirai
kemudian ada yang menyerupai patung Budha
di sini penerangan dan kebersihannya bagus.... sehingga kita tidak akan bosan berada di kelembaban gua...
aku hanya membayangkan.. berapa ratus tahun gua indah ini terbentuk.
karena satu senti stal kan membutuhkan bertahun-tahun...

so bila pingin pesiar ke arah selatan jawa... jangan lupa mampir gua-gua tersebut.
pulangnya mapir pacitan buat menikmati lobster yang lezat

9 komentar:

Anang mengatakan...

ke pacitan mampir sejenak ke trenggalek.. ada gua lawa... ada pantai prigi....

Totok Sugianto mengatakan...

wah indah banget alamnya... ntar saya kudu mampir ke sana...

ichaAwe mengatakan...

indah banget yah .... tapi sayang..kenapa gak ada foto lobsternya? :D

amethys mengatakan...

wow....blom pernah saya sampai sana? lewat wonogiri? gimana klo lewat madiun???
wah bagus banget ika...

@anang klo trenggalek saya dulu sering banget ke prigi, popoh...tapi ke gua2 di pacitan saya blom pernah

Ozank mengatakan...

Kalo ke Pacitan ada gua gong.... saya ngeblo di gua hira... hehe..
salam kenal..

aroengbinang mengatakan...

dipikir2 di tanah jawa saja masih banyak yang belum ditengok ya jeng, apalagi diseluruh kepulauan negri ini.

weh, kalau gak diniatin bener2 gak bakal banyak yg gak pernah dilihat nih....

setuju sama icha, foto lobster-nya dong :D

ika rahutami mengatakan...

@anang: pantai prigi emang indah... landai banget
@totok: kapan mampir?? lewat jalur selatan asik nyusur pantai
@ichaawe: lobster??? hmmm yumi takut ngiler pas puasa
@wieda: lewat wonogiri kelak kelok sih tapi bagus kok pemandangannya
@ozank: halahhhhhh :)
@mas aroengbinang: harusnya ada klub bloger wisata darat ya... seru kalii

mata mengatakan...

sudah berapa lama yah saya ngga kepacitan...?
jadi kangen nih

teguh lan mengatakan...

Salem kenal gan, artikelnya ok, semoga bermanfaat, jangan lupa juga kunjungi situs kami tentang obat sipilis pada wanita herbal. Yang membahas tentang ciri ciri sipilis pada wanita dan cara mengobati sipilis pada wanita lengkap dengan obat alternatifnya yang telah berlisensi BPOM dan DINKES RI