Minggu, 03 Mei 2009

Wedang uwuh dan Pecel Kembang Turi

Pernah mendengar sebutan wedang uwuh???
rasa penasaran inilah yang membawa kami berempat, Denies, Mbak Murti, Dito anak mbak Murti dan aku ke seberang makam raja-raja Imogiri hari Sabtu kemarin.
Jam 12 kami sampai di sana... masuk pertama disambut deretan kerupuk warna-warni...ihhhh enak kayaknya kalo digoreng.

Kemudian deretan bunga turi yang putih bersih dan tempe yang siap untuk digoreng menjanjikan kelesatan tersendiri. bunga turi ini rasanya agak2 pahit gimana gitu....

wow...si bapak begitu asyiknya mengiris-iris kecipir untuk pecel, dan si ibu sibuk mengulek lombok untuk sambel goreng...wuah-wuah...pedesnya langsung menyergap hidung..

karena kehausan dan kelaparan habis jalan jauh...biasalah jadi lapar mata. aku dan denies memesan es jeruk sekaligus wedang uwuh. kombinasi yang aneh karena rasa wedang uwuh tuh pedas dan panas. tapi biarlah...namanya juga maruk hehehe.. Wedang Uwuh adalah campuran semua rempah yang memiliki cita rasa pedas. Ada jahe segar, kulit secang, kayu manis, cengkeh, daun kayu manis, dan daun cengkih. warnanya merah, akibat kulit secang tadi... rasanya...bikin melek dan seger....

kemudian camilan pertama yang dicoba adalah Canguk...kacang benguk... aku juga baru tau kalo pohon kancang benguk itu merambat..bayangku kayak pohon kedelai...untung ada mbak murti yang ndeso pollll sehingga pengetahuannya luas. kata dia sih...pohonya merambat tapi besar. buahnya kayak kapri tapi hitam dan besar...nggilani pokoke.
kemudian kami ngambil maem pecel sendiri-sendiri... wow...denies dan mbak murti hebat juga porsinya...nasi pecel lengkap. bahkan denies mencoba lauk 3, tempe biasa, tahu dan tempe koro

aku memilih tanpa nasi, kemudian sayurannya adalah kenikir, bunga turi, kecipir dan thokolan, kuguyur sambel pecel tambah telur asin dan tempe koro... wow ini jos gandos bener....

mmmmmmhhhhh maem yukkkk

7 komentar:

Newsoul mengatakan...

Wah kelihatannya yummy makanannya mbak. Mkanan seperti ini malah menyehatkan lho. Salam kenal ya.

Sekar Lawu mengatakan...

Numpang ngiler ya Ka....slurrrppp.....Wedang uwuh itu namanya nggilanik ya Ka, tapi rasane mesti mantep abiss...aku jadi pengin ngrasain...Bisa kirim satu ke karanganyar Ka ?

Rosani mengatakan...

Waaah ... bener2 ngiler aku ... mau makan kangkung dan bayem aja carinya susah banget di Texas sini ... apalagi bisa menikmati cipir dan bunga turi , hmmm ... membayangkan saja sudah merasa nikmat sekali ....

Rudy mengatakan...

Bukan sehat kalo porsinya dobel gitu tapi malah jadi gembrot tuh???
Tapi Wedang Uwuh-nya menggoda seleraku nih...

amethys mengatakan...

ika payah...aku nganti celeguken.......saking ngilerrrrr...kembang turi aku seneng banget. Kadang disini di china town ada kembang turi, kangkung dan kecipir...tapi yg dipiring ika yg marahi celeguken

goenoeng mengatakan...

cleguk...
wedang uwuh itu kalo aku nyebutnya wedang secang.
benguknya yang bikin pengen ik.
*ngilerdotcom*

SinceYen mengatakan...

kiborku basah ngebayang pedesnya.. cesss... ayo tanggung jawab Ka!! :D