Rabu, 20 Agustus 2008

rokok = sengsu??

kemarin temen2ku heboh membicarakan bila rokok benar-benar difatwakan haram oleh MUI
waduh... rokok nggak beda dengan sengsu dong... sebagian besar teman bicara gitu..
heheh.. aku sih nggak tahu dalil agamanya
namun kalo alasannya karena mudaratnya jauh lebih banyak dari manpangaatnya
ya nanti jeroan bisa jadi haram juga dong.
jeroan ki yo ora kalah galak dibandingkan dengan rokok lo...

aku sih seneng2 aja bila dunia tanpa asap rokok
tapi apa penyelesaiannya harus lewat fatwa agama???
wah... yo mbuh.... yo.....

8 komentar:

Syukriy mengatakan...

Mbak Ika, negara ini negara yang bingung: negara agara bukan, negara sekuler juga tidak. Yang jelas ini NKRI: negara kesatuan, yakni kesatuan dari banyak pecahan-pecahan.
Jadinya semua mau disatukan secara paksa. Kadangkala dengan cara pinjam-pakai institusi yang "mewakili" agama. Aspek kelembagaan menjadi penting untuk "mengatur" rakyat, melegitimasi kebijakan pemerintah "demi kebaikan semua"...

ika rahutami mengatakan...

yes pak setuju... institusional aspek memang harus dipikirkan secara lebih dalam. tidak hanya sekedar menjadi institusi dalam tanda kutip.
tapi mudah2an MUI juga banyak melihat, dan tidak menjadikan ini sebagai ladang bisnis semata. kawatir aja. mau tidak mau kayak labelisasi halal, itu bisnis yang sangat besar lo...

gakpede mengatakan...

ini upaya orang kehabisan akal, orang males, apa orang cari sensasi ya...
aya-aya wae

Elys Welt mengatakan...

jadi mikir, di kampungku kelahiranku sono tuh buanyak sekali pabrik rokok, buruhnya juga buanyak sekali, kotaku tak bisa lepas dr usaha rokok ini, kalo bener2 rokok diharamkan nggak kebayang deh

kok nggak korupsi saja ya yg diharamkan ?

zuki mengatakan...

mbak Ika, makasih mampir ke blog saya. Lokasi fotonya ga tahu persisnya dimana, yang pasti perjalanan balik dari Ubud ke Sanur ... :)

astrid savitri mengatakan...

Setuju sama Elys!

Saya gak merokok dan berharap dunia gak penuh orang-orang yg kecanduan rokok, cuma barangkali institusi sebesar dan sewibawa MUI lebih fokus sama masalah yg bener2 bikin negara ini kehabisan napas; korupsi!

lagian, yg haram-haram itu kan yg biasanya tidak dihiraukan...gak usah repotlah memfatwakan kayak begituan, toh para perokok itu akan sengsara sendiri nantinya

kabarihari mengatakan...

wew sengsu? mana? mana? :D

ceniel mengatakan...

halah mbak ika..
orang MUI kehabisan kerjaan gitu..
makanya cari acara aneh aneh...
wis jan... bingung aku lihat negara ini..
aneh aneh aja masalah yang timbul..
...
lha nek merokok menurut MUI itu haram... lha malah mengko do pindah agama...
hahahah.... seru seru!!!