Jumat, 14 September 2007

Ulen Sentalu-eksotika jawa

di Kaliurang, Jogjalah pasti
ada satu tempat yang jadi favoritku
tempat ini tersembunyi ga banyak orang tau
tapi ga rugi deh kalo masuk ke sana
(ini tempat konon adalah tempat married katon dan ira)

namanya ulen sentalu
suatu museum jawa
sayangnya di tempat ini kita tidak boleh memotret isi museum
tapi ya iyalah... eman-eman banget kalo di potret
karena ga akan bikin penasaran lagi

memasuki US, kita disambut dengan gerbang dari batu
sehingga dari luar sudah keliatan adem
agak mahal sedikit tiket masuknya. tapu dijamin ga nyesel

habis pintu gerbang kita disambut dengan hutan tropis
mulai dari pinus, kemudian pohon dengan bunga harum yang sangat khas kaliurang.
yang biasanya bau harumnya kita cium ketika kita naik ke plawangan.
aku ga tau namanya.
kemudian banyak pohon merambat. tenang dan romantis banget
langkah berikutnya kita akan disambut dengan lorong masuk ke bawah tanah
jadi kita seakan masuk ke katakombe begitu
kita akan disambut dengan sajian keragaman kraton Jogja dan Sala

mulai dari pohon keluarga kraton, yang menggambarkan silsilah keluarga, mulai dari panembahan senopati sampai ke sultan yang sekarang
kemudian mata kita akan dimanjakan dengan foto2 unik dari ketiga kraton
kasultanan, kasunan, dan mangkunegaran
keluarga kraton cantik, unik dan gagah
pada jaman itu sudah ada istri HB ke-4 kalo tidak salah yang hebat sekali. dia seorang perancang busana. jadi jangan salah gaya busana yang dipakai dan sang suami pakai ga kalah dengan idenya Ramli
kemudian ada keluarganya Gusti Nurul, yang sangat cantik dan ahli berkuda. bayangin, pakai kain kebaya namun berkuda... hebat dan eksotis banget
ada foto yang aneh juga. foto ini menunjukkan HB ke sekian, aduuuhh aku lupa lagi, 
tapi dibelakangnya ada gambar Jin, yang memang menjadi penjaga dia.

dan waktu itu sudah canggih lo, ada gambar 3 dimensi, sehingga kemanapun kita berjalan, arah mata dan sepatu dalam gambar itu akan selalu mengikuti kita

keluar dari rumah bawah tanah tadi
kita akan masuk ke ruang ke dua yang berupa rumah apung
rumah apung ini berisi kumpulan puisi seorang putri kraton, dalam bahasa belanda
si putri ini sedang dilanda kegundahan karena pacarnya, dan dia mendapat banyak suport dari oomnya dari sahabat-sahabatnya di Belanda.
bisa dibayangkan rangkaian kata manis dan indah di sana... bisa jadi inspirasi ketika patah hati hehehe

ruang berikutnya adalah ruang batik
aneka batik jogja dan sala ada di situ
ini sangat menambah pengetahuan kita tentang batik terutama bagi pencinta batik
batik jogja lebih gagah dengan warna cenderung hitam dan putih
sedangkan sala lebih kemayu, dengan warna sogannya
ada aneka makna, mulai dari truntum, yang menggambarkan bintang atau bunga tanjung. Truntum ini juga ada cerita unik,
karena diciptakan oleh salah satu istri HB yang merasa tersisih oleh selir yang lain.
sehingga setiap malam dia memandang bintang dan jadilah kain tersebut.
berkat kain yang indah ini, sang HB jatuh cinta lagi pada sang istri
kemudian ada sido mukti, sido luhur, yang sarat makna, yang biasa dipakai ketika mantenan
ada wahyu tumurun
sehingga orang yang memakai bisa memperoleh wahyu, memperoleh berkat

ruang berikutnya adalah ruang kebaya encim. dahsssyyyyaattttt
kebaya2 yang sangat kuno dan halus ada disini
bayangin dengan mesin bordir manual yang begitu kecil
kita bisa membayangkan ketelatenan sang penjahit

taman2 disekitar US pun ga kalah menarik..
mata kita akan termanjakan oleh indahnya bunga dan daun
dan penciuman kita termanjakan oleh wangi pinus, rumput dan lembabnya kabut
pokoknya romantis banget....
akhirnya kita akan diberi minuman penutup, khas kraton, yaitu campuran daun cengkih (bukan cengkihnya), pandan, gula jawa dan kayu manis...
hangat dan segar...

so... kalo ke kaliurang jangan lupa mampir
honeymooners, atau sepasang kekasih.. pastilah wajib...
rame2??? ga kalah asik kok...

5 komentar:

semuasayanganna mengatakan...

aku ud 2x dtg ksitu.. bgs bgt t4ny.emg rda2 spooky.tp bkin nagiiih!

amethys mengatakan...

di kaliurang tepatnya dimana tuh ika?..hehehe aku cuma ke kali adem waktu itu

ika rahutami mengatakan...

wieda... ulen sentalu tuh dekat tongseng yang deket taman kanak2 itu lo
bingung kan...
kalo pas ke jogja let me know
tak entertain deh...

tisi mengatakan...

aku dah pernah ke situ, pake nyasar muter2 ra' karu-karuan. Tempatnya rada nyempil, n sign-nya ga jelas.
Tapi pas udah masuk, rasanya adeeeeem bgt.. mak nyes.. hehe..

Disuruh kesana lagi, belom tentu ketemu lagi hehe

方大同Khalil mengatakan...

cool!i love it!AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,性愛,a片,AV女優,聊天室,情色