Rabu, 29 Juli 2009

Pulau Kumala Tenggarong - indah tapi perlu penataan

Senin pagi, rasa lelah semalam ilang... Perasaan seger karena akan datang ke tempat baru. Sarapan kali ini adalah bubur ayam, yang dimaem di puncak hotel Victoria...lumayan mengasikkan.
Setelah makan pagi, meluncurlah kami ke Tenggarong. ketika memasuki Tenggarong dari arah Samarinda... langsung aku teriak spontan... woww..... ini kota indah banget.... taman kotanya tertata rapi, landscapenya bagus banget... rumput menghampar dimana2. uihhhh indah nian.....
Pagi ini, setelah kunjungan ke Bappeda, lalu melakukan indepth interview rame... sore hari harus ditutup dengan dolan.... rugi dong kalo nggak. Kebetulan sekali di Tenggarong sedang ada festival Erau... Festival yang digelar 1 tahun sekali. Wah bejo kemayangan. Tapi hari ini jatahnya tidak liat pentas seni. Hari ini jatahnya ke pulau KUMALA. Pulau kecil di tengah sungai. Bentuknya seperti PESUT. Pulau ini dulunya milik Raja Kutai, yang kemudian dibeli pemerintah untuk dijadikan Ancolnya Tenggarong. Pulau ini terkenal dengan Sky Towernya, yang sekarang sudah rusak... tapi lumayanlah memandangnya dari kejauhan indah. Konon pulau ini terbentuk dari kapal yang karam... jadi masih ada mistis2nya gitulah....
Dulu untuk ke pulau ini ada dua cara dengan Cable Car...kereta gantung...yang cukup panjang. namun biasa karena pemeliharaan kurang maka kereta gantung ini rusak. Maka kami memutuskan untuk naik ketinting... kapal kecil. Keuntungannya, kami bisa mengelilingi pulau.
Dari jauh terlihat stadion yang sangat besar...hebat Kutai ni...punya stadion hebat.
Pas kami berkeliling ada orang-orang yang sedang latian Perahu naga. O'oo rupanya hari rabu akan ada lomba perahu naga di Mahakam. Di tengah pulau ada patung besar yang bernama LEMBUSWANA... bagus sekali. seperti gajah dan punya sayap. sayang matahari sangat terik sehingga sukar untuk memotretnya. Ketika mendekati jembatan Tenggarong, terlihat banyak kapal yang membawa batubara sedang bersandar... Woalahhhh gitu to wujud batubara... baru tau aku.....
Pulang dari pulau Kumala, aku melihat anak2 berlatih tarian untuk pentas nanti sore, dan lomba Garis...kalo di jogja sih namanya Gobak Sodor...
Perjalanan dilanjutkan... Mas awal sempat misuh2...karena ini pergi dengan perempuan gila yang nggak tau capek. hehehe...sori mas.... Kami melanjutkan ke Kutai Expo di stadion. Selain pameran tiap2 SKPD yang ada di KUKAR, dipamerkan juga beberapa produk andalan.
Salah satu yang lucu adalah krim bengkoang yang bisa memutihkan kulit. Tapi nggak tau kenape kok yang dijadikan sampel selalu pengunjung laki2. mereka ditarik dan pipinya dikasih krim ini....hehehhee ini salah satu contoh aneh muka mereka....
Hari ini tutup dengan keprihatinan. Dalam perjalanan ke Samarinda, terlihat tambang batubara yang menganga..... pertanyaannya??? apakah kita akan menyisakan kerusakan bagi anak cucu kita???

2 komentar:

myblackeagle mengatakan...

Like this!! hehe..salam kenal, mbak..

Sedang nyari tempat jalan2 di samarinda, eh nyangkut di blog ini..jadi pengen ke tenggarong sebelum pulang..hehehe..

Anonim mengatakan...

thx bgt udh mengunjungi tenggarong, kbtulan ku asli org tenggarong .. nti kpn2 ke tgr lg ya :) hehe