Minggu, 05 Juni 2011

Presentasi sambil dolan atau dolan sambil presentasi

Sesungguhnya tidaklah jelas perbedaan keduanya. Tapi kalau dipikir-pikir.. ini memang kombinasi yang perfect antara keduanya.

Begitu masuk ke Tamkang University, udara sejuk dan hijaunya alam sangat terasa. Pohon-pohon besar berjejer dengan indahnya, Bangunan yang dibangun semuanya menyesuaikan dengan pohon yang ada. Deretan kursi, sitting group mahasiswa di bawah pohon rindang sangat indah. Dan jangan salah... semua ini yang membersihkan adalah Mahasiswa... mereka memiliki SKS khusus untuk tugas ini...Tujuannya bukan hanya sekedar untuk menghemat biaya. Tapi ini adalah pembentukan karakter... Mereka akan saling menegur kalau ada yang membuang sampah sembarangan.. karena mereka sendirilah yang akan membersihkannya..

Coba kalau ini diterapkan di Indonesia.... hahahah pasti ngamuklah si orang tua mahasiswa... udah sekolah bayar mahal masih harus nyapu... hehehe

Aku juga beruntung karena mendapat fasilitas dari Tamkang.. Bukan hanya tiket yang dibayarin, namun juga dapet guest house di sana. guest house sederhana, namun sangat bersih. Kalau kita minta orang membersihkan maka kita harus bayar 800 NT perhari... heheh... mending nggak usah di clean up deh..

Satu kamar terdiri dari satu tempat tidur. Guest house ini juga menyediakan dispenser dan mesin cuci.. jadi sangat praktis.

Seminar di Tamkang menjadi relatif sederhana dibandingkan dengan gebyar seminar di Indonesia. Namun yang menarik adalah, para pembicaranya cukup banyak dan dari mana2. Bahkan yang menarik lagi... mungkin ini cara untuk menjadikan world class univeristy... mahasiswanya sangat didorong berpresentasi.. meski mungkin bahasa Inggrisnya tidak perfect... ehmmm kayak aku.. heheh.. Tapi yang penting mereka berani mencoba.

Kelompok dibagi di tiga kelas... Kelas yang sederhana namun lengkap...

emmmm..... menarik menarik... yang penting dapat pengalaman... setelah selesai presentasi.. yah tentu saja saatnya dolan....

Tidak ada komentar: