Senin, 03 Januari 2011

Pura Beji Warna Warni

setelah siang... [ini masih rangkaian yang kemarin... hahaha... tapi baru sempet posting]. Setelah makan pagi.... biasa si metreks tertidur kembali dengan pulas.... errrrr... jadi kami berangkat agak siangan. Bingung milih rute, mau ke Singsing Waterfall atau pura Beji... Eki langsung bilang.. nggak mau jalan jauhhhh...

Ya sudahlah... maka kami ke pura Beji, yang terletak di Timur Singaraja.

Pura Beji yang terletak di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng dan berada di sekitar 8 km di sebelah timur kota Singaraja. Pura ini sih... menurut yang aku baca lain dari yang lain, punya keunikan tersendiri. Pura ini konon lebih berwarna dengan ukiran ukiran khas Buleleng.

Agak susah juga melihat tanda belok pura beji. Maka peta peta peta... menjadi penyelamat

Pura Beji dikenal sebagai pura subak untuk desa pakraman Sangsit ini dikatakan sebagai lingkungan pura untuk memuja Dewi Sri – dewi yang diyakini berhubungan dengan bidang pertanian, menciptakan padi sebagai bahan makanan pokok, dan pemberi kemakmuran.

Benar juga ketika masuk... wow.. keren sekali... Pura ini dipenuhi dengan motif tumbuh-tumbuhan atau bunga atau sulur-suluran tetumbuhan yang konon secara filosofis melambangkan kesuburan dan kemakmuran.

Menurut ibu yang menjaga di depan pura Tatanan Pura Beji itu sendiri terdiri dari tiga area (mandala) yakni jaba sisi, jaba tengah, dan jeroan. Pada jaba sisi terdapat bale kukul yang sudah mengalami modifikasi gaya ragam hiasnya. Antara jaba sisi dengan jaba tengah dihubungkan oleh candi bentar yang masih tetap menunjukkan kekhasan ragam hias Buleleng. Di halaman jaba tengah, di sisi utaranya ada bale paebatan dan bale saka roras. Sementara di sisi selatannya berdiri bale sakapat dan sakaulu. Semua bangunan itu bertiang kayu, beratap seng.

Ada yang lucu dalam ragam hias ini... karena di antara relief ada yang bermotif kumpeni menurutku. Lihat foto berikut ini..

Pohon2 kamboja atau jepun tua sekali di pelataran pura menambah keindahan pura ini.

Kalau anda ingin melihat pura bentuk lain... datanglah ke Pura Beji

1 komentar:

Griya De Nature Indonesia mengatakan...

Thank you for sharing information on your website, blogging greetings
Obat Ambeien Alami Yang Ampuh