Selasa, 25 Maret 2008

menyusur kabut pagi dan pecel kerep

kerjaanku setiap senin pagi sekarang ini adalah menyusur kabut pagi
menghirup wangi solar, merangkul bening sinar matahari
senin pagi jam 5 aku pasti bermobil di semarang dari jogja
ditemani sengau suara laura fyggi, atau desis riang tangga
atau cabikan lembut tohpati
kadang bosen... tapi lebih banyak menikmati
karena sambil jalan bisa merefleksi beberapa hal
yang kadang bikin menangis namun lebih banyak bikin bersyukur

dan perjalanku kerap terhenti di Ambarawa,
biasanya jam 8 pagi
aku kerap ingin mapir di pecel Kerep 

Kerep atau Gua Kerep  adalah Gua Maria, yang sunyi, lembab, teduh
namun aura doanya sangat kuat

nah pada jalan masuk ke Gua Kerep ini ada pecel yang asoiii gebooiii nikmatnya
ini pecel ndeso betulan
dipincuk dengan lawuh terserah kita mau milih apa
mulai dari gorengan beraneka rupa 
dari martabak, tempe bacem, tahu bacem, tempe mendoan, kemudian bakwan jagung
dan bakwan sayur 
aneka sate
mulai dari sate kerang, sate keong (ini jarang ada di tempat makan lain), sate ayam, sate telur puyuh  
sayurannya pun lengkap ada taoge, kembang turi, bayem, kenikir
wis pokoke uenak tenan  
minumannya, mulai dari teh anget, jeruk anget, dawet ada yang pake gula jawa
atau pun sirup merah, sampai aneka bubur

pecel kerep ini tidak boleh dilewatkan
karena memang membuat kita tahu
kalo maeman ndeso itu selalu ngangeni

7 komentar:

endangcinta mengatakan...

Ambarawa.....waduh, gak lewat tuh kalo mau pulang ke Malang.....ngiler tenane jeng, nyawang potone.....

kabarihari mengatakan...

wah..saya baru sekali mampir ke Kerep. lain kali sepertinya saya harus jalan ke sana, ke Gua Maria sekaligus ngerasain Pecel Kerep ini.
Eh itu pecel juwalannya cuma pagi2 aja? wah mesti tengah malem kali kalo saya berangkat dari Klaten :D

sigid mengatakan...

Waaw, saya tau Gua Kerep, saya tahu .... tapi pecelnya sebelah mana yah
Dari fotonya saja udah kebayang enaknya .... hi hi

sigid mengatakan...

Eh, sori kepotong ...
katanya dekat masjid ambawara (toko roti Pauline ke kiri) itu ada juga pecel yang enak yah

amethys mengatakan...

hihihi.....kebayang ambarawa...blom pernah oiii kesitu...ga tau seh, tapi klo jalan ke gua maria aku tau...tapi yg aku pernah tuh seblom masuk magelan, di secang klo ga salah ada tukang pecel juga,sebelah kiri jalan dari secang....enakkk
(paling suka seh makan pecel)

klo pecel kerep ini bukanya jam brapa?

elyswelt mengatakan...

wah ini namanya penyiksaan mata, di sodori foto2 merangsang begini, nafsu makan jadi membubung tinggi nih :D
fotonya bikin ngiler Ka !

BINTANG aja mengatakan...

ah jadi laper nih mba..